Nikmat Terbesar

Dari SD sampai kuliah, kita telah tamat puluhan buku yang memuat berbagai cabang ilmu dunia bahkan telah menguasai salah satu atau lebih cabangnya. Pernahkah kita tamat satu buku saja dari daftar isi s.d daftar pustakanya tentang tauhid sepanjang hidup kita dengan membaca sendiri atau dengan menyimak bacaan orang lain. Kalau sudah maka berarti anda telah merasakan nikmat terbesar di dunia. Sungguh benar ucapan imam Ibnu Uyainah:

ما انعم الله على عبد من العباد نعمة أعظم من أن عرفهم لا إله إلا الله وإن لا اله إلا الله لأهل الجنة كالماء البارد لأهل الدنياء

"tidak ada nikmat yang Allah berikan kepada seorang hamba diantara para hambanya yang lebih besar dari nikmat Allah yaitu Allah mengajarkan kepada hamba tersebut kalimat laa ilaaha illallah, karena kalimat ini untuk penghuni surga sebagaimana air yang dingin dibutuhkan untuk penduduk dunia"

Tanpa air manusia tidak bisa menjadi warga dunia. Tanpa kalimat tauhid, siapa pun tak bisa berdomisili di surga.

Membaca atau mendengarkan penjabaran kalimat tauhid (laa ilaaha illalla) adalah nikmat yang paling tinggi, lebih nikmat dari kelezatan dunia (pasangan hidup, keturunan, rumah, kendaraan, perhiasan dan kelezatan duniawi lainnya.

(lihat makna laa ilaaha illallah hal.18 karya Syaikh Prof Dr Soleh Al Afauzan)


Malang, 7 Dzul Hijjah 1442/ 17 Juli 2021


Al fakir ilallah

Dodi Iskandar

No comments:

Post a Comment