Apa nama-nama lain nabi sholallahu alaihi wasallam?

Pertanyaan:

Pemirsa dengan nama Majdi Abdul Ghoni Assayyid dari negeri arab  Mesir bertanya: apakah yasin termasuk nama rasulullah sholallahu alaihi wasallam, saya berharap manfaat untuk saya dan manfaat dari nama lain beliau dan semoga bagi beliau kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna.

Jawaban Syaikh Bin Baz rahimahullah:

Yasin bukan termasuk nama beliau sholallahu alaihi wasallam berdasarkan pendapat yang sahih, demikian juga toha bukan nama beliau, sebagian manusia mengira yasin dan toha termasuk namanya padahal bukan, demikian juga pembuka surat-surat Alquran bukan nama beliau sholallahu alaihi wasallam. Pembuka-pembuka surat tersebut hanyalah huruf-huruf muqoto'ah (pemisah) di awal surat semisal alif lam mim, ha mim, alif lam mim shod dan sejenisnya. Semuanya huruf muqota'ah di awal surat. Di dalamnya terdapat hikmah Allah yang maha suci dan maha tinggi, bukan termasuk nama nabi sholallahu alaihi wasallam, akan tetapi dinamakan surat toha, surat yasin, surat alif lam mim shod, surat hamim maka hal ini boleh.

Adapun nama lain beliau alaihi sholatu wasallam itu banyak. Namun yang paling populer Muhammad dan Ahmad alaihi sholatu wasallam, nama lain beliau yaitu

Almaahi (Ų§Ł„Ł…Ų§Ų­ŁŠ artinya menghapus kekafiran)، alhaasyir (Ų§Ł„Ų­Ų§Ų“Ų± artinya mengumpulkan umat), almuqoffi (Ų§Ł„Ł…Ł‚ŁŁŠ artinya memiliki keutamaan)، seperti yang disebutkan dalam banyak hadist nabi. Nama lain beliau termasuk nabiyuttaubah (banyak beristigfar), nabiyurrohmah (penuh kasih sayang), nabiyulmalhamah (banyak mengalami peperangan). Inilah nama-nama lain beliau alaihi sholatu wasallam. Namun yang paling populer adalah Muhammad dan Ahmad.

Referensi:

https://binbaz.org.sa/fatwas/14968/%D9%85%D8%A7-%D8%A7%D8%B3%D9%85%D8%A7%D8%A1-%D8%A7%D9%84%D9%86%D8%A8%D9%8A-%EF%B7%BA-%D9%88%D9%87%D9%84-%D9%8A%D8%B3-%D9%88%D8%B7%D9%87-%D9%85%D9%86%D9%87%D8%A7


Malang, Rabu 26 Dzulqo'dah 1442/ 7 Juli 2021

Al fakir ilallah

Dodi Iskandar

No comments:

Post a Comment