Mauqif Nabi Terhadap Kelompok Khowarij


Nabi sholawatullah alaihi wasalamuh berpesan kepada kaum muslimin tentang kelompok khowarij: 

اينما لقيتمو هم فاقتلوهم

"dimana saja kalian bertemu dengan mereka (khowarij) bunuhlah mereka" (HR Bukhari no.385, Muslim no.133, Tirmidzi no. 2608 dll). Dalam hadist lain beliau bersabda:

لئن ادركتهم لاقتلنهم قتل عاد

"Seandainya aku melihat mereka, pasti benar-benar aku akan membunuh mereka seperti binasanya kaum aad" (HR Bukhari no.3344, Muslim no. 2499 dll). Meskipun khowarij banyak mengucapkan kalimat tahlil dan ibadah mereka membuat para sahabat nabi minder namun kalimat tauhid yang mereka ucapkan tidak bermanfaat. Tidak berfaidah kuantitas ibadah dan klaim mereka terhadap Islam. Mengapa? sebab mereka melakukan penyelewengan terhadap syariat Islam (mudah mengkafirkan kaum muslimin tanpa hak). Sama halnya dengan yang telah kami sebutkan untuk memerangi yahudi dan pengikut bani hanifah (kelompok yang meyakini musailamah sebagai nabi) (Syaikh Soleh Al Fauzan dalam makna laailaaha ilallah hal 48-49).

Orang-orang khowarij adalah kelompok manusia yang ibadah lahiriahnya dapat mengalahkan ibadah para sahabat nabi. Sholat, puasa, tilawah alquran dan sedeqah mereka membuat para sahabat minder. Akan tetapi, Nabi sholallahualaihi wasallam tetap menyuruh kaum muslimin untuk tetap memeranginya. Karena dosa mereka yang mudah mengkafirkan kaum muslimin jauh lebih berbahaya dan lebih mendatangkan kemudaratan. Jangan mudah silau dan tertipu dengan aksi-aksi ibadah mereka.

Pontianak, 8 Ramadan 1441/1 Mei 2020

Akhukum

Abu Aisyah Dodi Iskandar

No comments:

Post a Comment