Bantahan Telak atas Manhaj Takfir yang bersembunyi dibalik fatwa as-Syaikh Shaalih al-Fauzaan

Bantahan Telak atas Manhaj Takfir yang bersembunyi dibalik fatwa as-Syaikh Shaalih al-Fauzaan.

Berikut ini syarat-syarat takfir menurut as-Syaikh Shaalih al-Fauzaan:

ولا بد أن تتوفر شروط للحكم بالردة والكفر على من ظاهره الإسلام وهي:

1- ألا يكون جاهلا معذورا بالجهل كالذي يسلم حديثا ولم يتمكن من معرفة الأحكام الشرعية أو يعيش في بلاد منقطعة عن الإسلام ولم يبلغه القرآن على وجه يفهمه أو يكون الحكم خافيا يحتاج إلى بيان.

2- ألا يكون مكرها يريد التخلص من الإكراه فقط، كما قال - تعالى -: من كفر بالله من بعد إيمانه إلا من أكره وقلبه مطمئن بالإيمان ولكن من شرح بالكفر صدرا فعليهم غضب من الله ولهم عذاب عظيم [النحل: 106]، دلت الآية على أن من تلفظ بالكفر مكرها وقلبه مطمئن بالإيمان يريد التخلص لا يكفر.

3- ألا يكون متأولا تأولا يظنه صحيحا فلا بد أن يبين له خطأ تأويله.

4- ألا يكون مقلدا لمن ظنه على حق إذا كان هذا المقلد يجهل الحكم حتى يبين له ضلال من يقلده.

5- أن يكون الذي يتولى الحكم عليه بالرد من العلماء الراسخين في العلم الذين ينزلون الأحكام على مواقعها الصحيحة فلا يكون الذي يحكم بالكفر جاهلا أو متعالم.

وأخيرا فإن إخراج مسلم من الإسلام بدون دليل صحيح واضح يعد أمرا خطيرا كما قال النبي - صلى الله عليه وسلم -: (من قال لأخيه يا كافر يا فاسق وعدو الله وهو ليس كذلك رجع عليه أو حار عليه) نسأل الله العافية، وصلى الله على نبينا محمد وآل وصحبه.

Dan sudah semestinya memenuhi banyak syarat untuk menghukumi murtad dan kufur atas orang yang zhahirnya berada diatas islam yaitu:

1. Bukan orang jahil yang diberi udzur dengan kejahilan seperti orang yang sekarang ini beragama islaam, tetapi ia tidak menguasai pengetahuan tentang hukum-hukum Syari'ah, atau ia hidup di negeri yang terpencil dari Islaam, dan al-Quran tidak sampai kepadanya diatas wajah yang ia dapat memahaminya, atau hukumnya tersembunyi yang membutuhkan penjelasan.

2. Bukan orang yang dipaksa, dan ia menginginkan bebas dari keterpaksaan, sebagaimana Allah ta'aalaa berfirman: "Barangsiapa kufur kepada Allah setelah imannya, kecuali orang yang terpaksa (kafir) sementara hatinya tetap tenang dalam keimanan, tetapi siapa saja yang melapangkan dadanya dengan kekufuran maka atasnya kemurkaan Allah, dan baginya 'adzab yang besar." (QQ. an-Nahl: 106). Ayat ini menjadi dalil bahwasanya siapa saja yang melafazhkan kekufuran karena terpaksa, sementara hatinya tenang dengan keimanan dan ingin terlepas dari kekufuran, ia tidak dikafirkan.

3. Tidak ada mutaawwilan yang ia mentakwil dan mengira takwilnya shahih, dan musti dijelaskan kesalahan takwilnya.

4. Bukan seorang muqallid kepada orang yang ia kira berada diatas haq, jika ia seorang muqallid yang jahil terhadap hukum, sampai dijelaskan kepadanya kesesatan orang yang ia taqlidi.

5. Orang yang mengarahkan hukum kepadanya dengan bantahan adalah berasal dari ulama' yang raasikhiin (dalam keilmuannya) didalam ilmu yang mereka menurunkan hukum-hukum atas prinsip-prinsipnya yang shahih, dan bukan orang yang jaahil atau muta'aalim (merasa dirinya 'aalim).

Dan terakhir sesungguhnya mengeluarkan seorang muslim dari islam tanpa dalil yang shahih lagi waadhih itu adalah perkara yang berbahaya sebagaimana nabi shallallahu 'alaihi wa sallama bersabda: "Barangsiapa berkata kepada saudaranya wahai Kaafir, wahai faasiq, dan musuh Allah, padahal dia tidaklah demikian, kekafiran itu raja'a 'alaihi (kembali kepadanya), atau haara 'alaihi (kembali kepadanya). Nasalullaha al-'aafiyyah.

Sumber:
التكفير وضوابطه - صالح بن فوزان الفوزان - http://iswy.co/e1456v
Oleh:
Ust Hanafi Abu Abdillah Ahmad

No comments:

Post a Comment