Nama-Nama Surah Al-Fatihah

بسم الله الرحمن الرحيم
Nama-Nama Surah Al-Fatihah

الحمد لله الذي أرسل رسوله بالهدى ودين الحق ليظهره على الدين كله ولو كره المشركون, أما بعد

Surah Al-Fatihah memiliki beberapa nama yang kalau dihitung dapat mencapai sepuluh nama atau lebih. Dan orang-orang Arab mengatakan banyaknya nama menunjukkan pentingnya sesuatu tersebut.
1. Dinamakan Al-Fatihah. Karena Allah telah membuka Kitab-Nya yg Agung yaitu Al-Qur’an Al-Karim dengan surat ini. Dengannyalah Allah membuka Al-Qur’an Al-Karim. Kata Al-Fatihah adalah bentuk muannats dari Fatih فاتح.
2. Ummul Qur’an. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menamainya dengan Ummul Qur’an. Dan Al-Umm bermakna Al-Ashl (Pokok/Induk), darinya bercabang berbagai macam permasalahan. Karena seluruh makna dan isi Al-qur’an masuk ke dalam surat ini, walaupun ia hanya berjumlah 7 ayat bahkan ayatnya pun ringkas-ringkas. Namun seluruh isi Al-qur’an terkumpul pada 7 ayat tersebut. Diantaranya Tauhid beserta macam-macamnya yaitu Tauhid Rububiyyah, Uluhiyyah, dan Asma wa Sifat. Dan diantaranya juga terdapat aqidah, kerasulan dan nubuwwah, pengikut Rasul dan orang yg menyimpang dari jalan rasul, sejarah, hukum-hukum, balasan dan amalan, dan lain-lainnya. Hanya saja semua itu disebutkan secara global (tidak terperinci).

Dan Jika kita melihat lebih teliti tentang surat ini, kita akan mendapatinya bahwa hal tersebut memang benar yaitu seolah-olah surat ini menjadi Induk dari Al-qur’an Al-karim. Maka 113 surah yg ada dalam Al-qur’an itu semuanya bersumber dari surat ini dan keluar dari surah ini, dan merupakan cabang darinya. Dan Al-qur’an mengandung beberapa poin berikut :
1) Tauhid. Yaitu Dakwah kepada Allah, mengajak agar beribadah hanya kepada Allah semata dan menafikkan seluruh sesembahan selain-Nya. Dan Al-qur’an sangat banyak membahas perkara Tauhid ini.
2) Hari yg dijanjikan berupa Akhirat, hari kebangkitan, dan hari pembalasan. Dan ini juga menjadi tema yg banyak dibahas di dalam Al-qur’an. Terkadang kita dapati kebenaran akan adanya pembahasan ini yaitu: (tentang hari kebangkitan atau iman kepada hari akhir).
3) Syariat. Yaitu penjelasan tentang jenis-jenis ibadah, bagaimana cara mendekatkan diri kepada Allah, hukum-hukum, dan kaidah-kaidah syar’i, dan semua adalah ibadah. Dan ini juga dibahas banyak di dalam Al-qur’an terutama dalam Surat-Surat madaniyyah.
4) Kisah-kisah dan kabar tentang orang-orang terdahulu. Ini juga banyak dibahas dalam Al-qur’an, seperti dalam surat Nuh dan surah Al-qashash.
5) Surga dan kenikmatan serta kemuliaan didalamnya, dan neraka beserta adzab dan siksaa didalamnya. Ini juga banyak dibahas didalam Al-qur’an.

Surat Al-fatihah dengan 7 ayatnya mengisyaratkan kepada ilmu-ilmu dan pengetahuan diatas yang mana mencakup seluruh isi Al-qur’an. Dan surat ini dibuka dengan pujian kepada Allah dengan pujian yang diulang dengan nama dan sifat-Nya. Inilah Tauhid.
3. Tujuh Ayat yg Berulang yang Allah khususkan penyebutannya. Seperti yangg Allah firmankan dalam Al-Hijr ayat ke-87,dan demikian juga Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menafsirkannya bahwa yang dimaksud adalah ayat yang berulang tersebut adalah surah Al-fatihah (HR. Bukhari no.4474). dan Allah menyebutkan secara khusus dalam Al-qur’an memuji-muji keutamaannya dan kedudukannya dalam Kitabullah ‘Azza wa Jalla.

Referensi:
Tafsir Surat Al Fatihah. Syaikh Muhammad Shalih Al-Utsaimin. Hal 11

Matraman, Jakarta Timur, Kamis, 14 Jumadal Ula 1440/9 Januari 2020

Akhukum
Muhammad Gandi Dawari.
Mahasantri Program Tadribut Du'at, Mahad Minhajus Sunnah Bogor

Muroja'ah
Abu Aisyah Dodi Iskandar.
Mahasiswa Program Doktor Ilmu Pertanian Untan

No comments:

Post a Comment