Tafsir Surat Yasin Ayat Ke-3


إنك لمن المرسلين
"Sesungguhnya kamu benar-benar salah seorang dari rasul-rasul"

Inilah yang disumpahkan, yaitu kerasulan Muhammad sholallahu alaihi wasallam. Dan sesungguhnya engkau wahai Muhammad adalah termasuk golongan para rasul.

Jadi, kamu bukan yang pertama dari para rasul. Dan juga, kamu datang dengan membawa apa yang telah dibawa oleh para rasul, yaitu prinsip-prinsip agama. Dan juga, siapa saja yang mencermati hal-ihwal para rasul dan ciri-ciri mereka dan mengetahui perbedaan antara mereka dengan orang-orang selain mereka, niscaya ia mengetahui bahwa engkau termasuk para rasul yang terbaik, karena sifat-sifat yang sempurna dan akhlak yang mulia yang ada padamu.

Sudah tidak diragukan lagi adanya hubungan antara yang disumpahkan, yaitu al-Qur'an yang penuh hikmah dengan yang disumpahkan atasnya, yaitu kerasulan Muhammad sholallahu alaihi wasallam.

Dan bahwa sesungguhnya, kalau saja tidak ada bukti bagi kerasulannya dan tidak ada pula saksi selain al-Qur'an yang penuh hikmah ini, niscaya al-Qur'an itu sudah cukup sebagai dalil dan saksi atas kerasulan Muhammad sholallahu alaihi wasallam, bahkan, al-Qur'an yang mulia ini merupakan dalil yang terkuat dan terus menerus yang menunjukkan kerasulan Rasulullah sholallahu alaihi wasallam.

Jadi, dalil-dalil al-Qur'an itu semuanya adalah dalil-dalil atau bukti-bukti bagi kerasulan Muhammad sholallahu alaihi wasallam.

Referensi:
Tafsir karimir rahman. Hal 57

Pontianak, Selasa 10 Muharram 1441/ 10 September 2019

Akhukum.. Abu Aisyah Dodi Iskandar

No comments:

Post a Comment