Sujud Tilawah

Sujud tilawah disyariatkan saat ada yang membaca ayat Alqur'an yang mengandung ayat-ayat sajdah dan ia mendengarnya. Berkata Ibnu Umar radiyallahu anhuma:

كان النبي صلى الله عليه وسلم يقرأ علينا السورة فيها السجدة فيسجد ونسجد معه،حتى مايجد أحدنا موضعا لجبهته

"Dahulu Nabi shollallahu alaihi wasallam pernah membaca surat di hadapan kami yang di dalamnya terdapat ayat sajdah maka beliau sujud dan kami juga ikut sujud, sampai-sampai salah seorang dari kami tidak mendapatkan tempat untuk menaruh keningnya" (HR Bukhari no.1076 dan Muslim no.575).

Hukum sujud tilawah adalah sunnah dan tidak wajib menurut pendapat yang sahih. Sungguh Zaid bin Tsabit membaca surat An Najm (mengandung ayat sajdah pada ayat ke-62) di hadapan nabi shollallahu alaihi wasallam dan beliau tidak melakukan sujud tilawah (HR Bukhari no.1073). Hal ini menunjukkan tidak wajibnya sujud tilawah.

Sujud tilawah disyariatkan bagi orang yang membaca ayat sajdah dan orang yang mendengarnya.

Di dalam dan di luar sholat. Berdasarkan perbuatan Nabi shollallahu alaihi wasallam. Adapun dalil sujud tilawah di dalam sholat yaitu hadist dari Abu rofi', beliau mengatakan:

صليت مع أبي هريرة العتمة،فقرأ (إذا السماء انشقت) فسجد، فقلت:ماهذه؟قال:سجدت بها خلف أبي القاسم صلى الله عليه وسلم فلا أزال أسجد فيها حتى ألقاه

"Aku sholat Isya bersama Abu Hurairoh, maka ia membaca

إذا السماء انشقت

maka ia sujud dan aku bertanya: apa ini? ia menjawab:aku sujud di belakang abul qosim shollallahu alaihi wasallam, maka aku sering melakukannya sampai beliau bertemu dengan-Nya [wafat]" (HR Bukhari no.1078 dan Muslim no. 578).

Jika yang membaca ayat sajdah tidak sujud maka yang mendengarnya tidak boleh sujud karena yang mendengar mengikuti yang membaca berdasarkan hadist Zaid bin Tsabit.


Keutamaannya

Dari Abu Hurairoh radiyallahu anhu dari Nabi shollallahu Alaihi wasallam, beliau bersabda:

إذا قرا إبن آدم السجدة فسجد إعتزل الشيطان يبكي، يقول:ياويله،أمر ابن آدم بالسجود  فسجد، فله الجنة، وأمرت بالسجود فأبيت،فلي النار

"Jika anak adam membaca ayat sajdah lalu sujud syetan akan menjauh sambil menangis dan berkata:celaka, anak adam disuruh sujud maka ia sujud maka baginya surga dan aku disuruh sujud maka aku menolak maka bagiku neraka" (HR Muslim no.81).

Tata Cara Sujud Tilawah

Sujud tilawah dilakukan satu kali, dimulai dengan bertakbir dan sujud membaca doa:

سبحانك اللهم ربنا وبحمدك اللهم اغفرلي

atau

سجد وجهي للذي خلقه وشق سمعه وبصره بحوله وقوته

(HR. Tirmidzi 585).

Ayat-ayat sajdah mencakup mufrodat (kosa kata) yang memiliki arti sujud dalam bentuk kata kerja, kata benda atau sinonim dari sujud. Diantaranya:

1. Kata kerja يسجدون dalam surat Al Araf:206

2. Kata benda سجدا  dalam surat maryam:58

3. Sinonim sujud pada kata kerja يخرون dalam surat Al isra:108-109

dan 12 ayat lainnya yang mengandung kata bermakna sujud.


Referensi:
Fikih Muyassar Fii daui kitabi wasunnah. Tim Ulama KSA. Hal 72-73

Pontianak, 22 Dzulqo'dah 1440/25 Juli 2019

Abu Aisyah Dodi Iskandar

No comments:

Post a Comment