Empat Kewajiban Bagi Setiap Muslim

Kewajiban yang harus dipelajari oleh setiap muslim yaitu berilmu, beramal, berdakwah dan bersabar.

Ilmu adalah mengetahui petunjuk dengan dalil-dalilnya. Ilmu yang dipelajari yaitu mengenal Allah, mengenal nabi, mengetahui agama Islam dengan dalil.

Ilmu yang dipelajari tersebut akan ditanyakan oleh malaikat di alam kubur. Jika seseorang memilikinya dan mengamalkannya maka sempurna agamanya.

Selain itu masih ada lagi yang wajib untuk dipelajari yaitu pokok keimanan dan syariat Islam. Wajib juga mempelajari perkara yang mewajibkan untuk dijauhi yaitu segala yang diharamkan. Serta ilmu yang mengatur hubungan sesama manusia (muamalah) dan sejenisnya.

Kewajiban bagi setiap orang tidak akan sempurna melainkan terlebih dahulu harus memiliki ilmunya. Sebagaimana kaidah mengatakan:
لايتم الواجب إلا به فهو واجب
"Tidak akan sempurna kewajiban kecuali dengan sesuatu yang menjadi sarananya maka sesuatu itu menjadi wajib"

Dengan ilmu seseorang dapat beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah dengan benar. Ia wajib bertanya kepada ahli ilmu agar hilang kebodohannya. Berkata Imam Ahmad rohimahulloh:
يجب ان يطلب من العلم مايقوم به دينه، قيل له:مثل أي شيء؟ الذي يسعه جهله،صلاته وصيامه ونحو ذلك
"Wajib baginya untuk menuntut ilmu yang dengan ilmu tersebut agama seseorang bisa tegak, lalu beliau ditanya: seperti apa? beliau jawab: ilmu yang bisa menghilangkan kebodohan yang tidak boleh terjadi seperti sholat, puasa dan yang sejenisnya" (Al furu' Li ibni muflih 525/1).

Adapun orang yang punya kemampuan lebih sehingga ia diperlukan untuk memperoleh ilmu-ilmu yang bersifat fardu kifayah seperti ilmu waris, tata cara memandikan mayit, maka jika sudah ada yang menguasai maka yang lainnya tidak terkena kewajiban (gugur dari dosa).

referensi:
Taisyirul Wushul Syarhi Tsalasatil Ushul. Syaikh Dr. Abdul Muhsin Al qosimi. Hal 11

Pontianak, Senin 5 Dzulqaidah 1440/ 8 Juli 2019

Abu Aisyah Dodi Iskandar

No comments:

Post a Comment