Ar-Rahman Ar-Rahim

اَلرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
            Ar rahmaan dan Ar rahiim adalah dua nama sekaligus sifat Allah. Ar rahmaan adalah salah satu nama dari nama-nama Allah yang khusus bagi Allah saja dan tidak diperbolehkan dipakai untuk selain-Nya. Arti Ar rahmaan yaitu yang memiliki rahmat yang sangat luas. Kata ar rahmaan dapat dipakai untuk selain Allah jika didahului oleh kata sebelumnya dalam bentuk susunan idhofah, contoh abdurrahmaan, baiturrahmaan (بيت الرحمن), kholilulrahmaan (خليل الرحمن), dan lain sebagainya sehingga tidak termasuk dalam penggunaan satu kata ar rahmaan. Oleh sebab itu dilarang misalnya memberi nama anak dengan ar rahmaan. Demikian juga memberi nama makhluk lainnya dengan satu kata ar rahmaan misalnya masjid ar rahmaan. Kecuali kata masjid diidhofahkan dengan kata ar rahmaan sehingga menjadi masjidurrahman, namun penulisan demikian belum pernah dijumpai. Akan lebih menenangkan penggunaan kata  ar rahmaan tidak dipakai satu kata setelah masjid jika tidak diidhofahkan.
            Makna ar rahiim yaitu yang memiliki rahmat yang bersambung. Kata ar rahiim diperbolehkan dipakai untuk selain Allah. Contohnya satu kata ar rahiim dipakai untuk nabi kita Muhammad sholallohu alaihi wa sallam dalam surat At Taubah ayat ke-128.
Allah Ta’ala berfirman,
لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ
Sungguh telah datang kepada kalian seorang Rasul dari kaum kalian sendiri, berat terasa olehnya penderitaan kalian, sangat menginginkan (kebaikan) bagi kalian, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.” (At-Taubah:128)

Pontianak-Kota Baru Ujung,  Jumat 10 Dzulhijah 1438 H / 1 September 2017 M
Abu Aisyah (Dodi Iskandar, S.Si, M.Pd)
referensi:
Syarah Tsalasatil Ushul Syaikh Ibnu Ustaimin Hal 18



No comments:

Post a Comment